Sabtu, 10 November 2018

Buku Wajib Blogger Pemula


Tema postingan untuk blog ini saya khususkan untuk review buku, writing atau travel. Tadinya mau tentang travel. Tapi berhubung foto-fotonya di laptop suami dan laptopnya dipake anak-anak, jadi ya sudahlah saya putuskan review buku saja. Awalnya bingung mau buku apa. Namun tiba-tiba saya tersadar, ternyata kalau saya sedang blogging, saya tidak pernah jauh-jauh dari buku ini. Buku ini benar-benar sudah menjadi kitab panduan utama blogging saya. 

Baca juga: Menyebarkan Virus Blogging Melalui Kelas Belajar Bikin Blog

Nah, barangkali saja ada teman-teman yang ingin tahu tentang dunia blogging atau berminat menerjuni profesi blogger, mudah-mudahan jadi tahu kalau ada buku semacam ini yang bisa membuka wawasan per-blogging-an. Tapi ingat ya, jangan minjem. Beli kalau butuh haha... Iya, seperti yang saya bilang tadi. Saat saya blogging, saya gak bisa jauh-jauh dari buku ini. Karena buku ini sudah seperti kamus. Jadi, sorry ya gak untuk dipinjamkan.
Aduuh...ini resensi atau apaan sih? Kok banyak ceritanya? Ya beginilah blogging saya. Bagi saya blogging itu cerita-cerita. Cerita apa saja yang tentunya mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk yang baca.
Baiklah, yuk kita mulai bedah bukunya.
Bentuk fisik bukunya cukup munggil, dengan ketebalan sedang. Warna cover didominasi warna hijau dengan variasi ungu yang bertuliskan judul buku BLOGGING: HAVE FUN AND GET THE MONEY. Buku ini ditulis oleh seorang blogger profesional bernama Carolina Ratri atau para blogger di komunitas biasa memanggil beliau dengan sebutan Mak Carra.
Selain judul dan nama penulis, di sampul buku dituliskan juga keterangan singkat tentang isi buku, yaitu:
Mempelajari teknik menulis yang baik
Mempercantik tampilan blog
Mempopulerkan blog dengan SEO dan media sosial
Cara mendapatkan job review
Cara kerja Google Adsense
Dan lain-lain
Nah, cukup lengkapkan...?
Yang saya suka dari buku ini selain isinya, juga cara penyampaiannya yang ‘cair’. Bahasanya tuh mudah kita pahami. Jadi gak kaya buku teks atau tutorial yang formal dan berat. Kalau selama ini kita menganggap bahasa perkomputeran itu ‘mengerikan’, nah kalau ini mah insyaAlloh dijamin nggak.
Mungkin bagi yang awam banget bakal nemu beberapa istilah yang membingungkan. Tapi seiring waktu, jika kita terus mempraktekan, yakin deh akhirnya kita bakal ngerti juga. Soalnya kebuktian di saya hehe... Saya tuh gak punya guru khusus dalam blogging. Bisa ya karena baca-baca dari pengalaman orang lain atau memperhatikan blog-blog orang lain, terus dipraktekin. Alhamdulillah sekarang saya sudah mengelola 3 blog TLD. Apa itu TLD? Sok atuhlah Pe-eR hehe... 

Intinya saya yakin, jika teman-teman berminat profesional di dunia blogging, maka jika teman-teman bersungguh-sungguh mempelajarinya, pasti bisa.

Buku setebal 242 halaman ini diterbitkan oleh Penerbit Stiletto. Jika teman-teman butuh buku ini, teman-teman bisa googling untuk mencari email kontak atau media sosialnya. Yang saya tahu, IG-nya cukup aktif kok. Oh, iya di bagian belakang bukunya pun ada kok kontaknya.
Nah, demikian teman-teman. Review bukunya segitu dulu karena waktu sudah menunjukkan pukul 23.33. Saya mesti mengalokasikan waktu untuk menyiapkan foto pelengkap dan tentu saja posting ke blog.
Silakan jika masih ada yang kurang jelas, bisa ditanyakan di kolom komentar. See you...

14 komentar:

  1. Tos dulu ah aku pun punya buku ini, hand out penting banget buat blogger pemula.

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Iya Mba, bener-bener jadi panduan buat para blogger.

      Hapus
  3. Penasaran mbak isi bukunya kayak apa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pokoknya dari dasar banget deh, Mba. Untuk pemula cukup gampang ngikutin tutorialnya.

      Hapus
  4. Penasaran dgn isi bukunya. Entar deh coba aku cari bukunya. Makasih sharing nya mbak. Salam, muthihauradotcom

    BalasHapus
  5. sama... saya juga penasaran dengan isi bukunya, semoga saya bisa mendapatkan bukunya. hihi..

    BalasHapus
  6. semoga saya bisa dapat bukunya, makasih ya mbak

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)