Rabu, 21 November 2018

About Writing & Book


Salah satu keinginan terbesar saya adalah membuat blog yang khusus berisi tentang penulisan dan review buku-buku. Bahannya sih sudah ada. Di kepala. Hahaha... Tapi itu benar.
Sejak kecil saya suka menulis. Menulis diary maksudnya. Isinya puisi, curhat dan kadang cerpen. Pas setelah berumah tangga dan merasa butuh tambahan penghasilan, saya mencoba mengembangkan minat menulis saya dengan mengikuti kursus-kursus penulisan. Alhamdulillah dari pelatihan itu naskah-naskah buku saya berhasil terbit dan saya mendapatka royalty dari hasil penjualan buku.
Ada pepatah bilang, jika kita memberi maka kita akan menerima lebih banyak. Demikian pula dengan ilmu-ilmu penulisan yang saya miliki dari guru-guru penulisan saya. Memang tidak banyak tapi saya ingin ilmu saya bisa bermanfaat bagi yang lain. Dan salah satu caranya adalah dengan berbagi di blog ini.
Kemudian tentang review buku. Alhamdulillah dari hasil menulis buku, saya memiliki buku-buku yang lumayan banyak. Baik itu dari hasil membeli sendiri maupun hadiah-hadiah dari penerbit.

Baca juga: Resensi Buku "Rasulullah Saw. is The Best"
Setiap selesai membaca buku, saya selalu memiliki perasaan mendalam tentang isi buku tersebut. Bagi saya buku merupakan salah satu guru dan inspirasi dalam hidup saya. Saya banyak belajar tentang berbagai hal dari buku. Sampai ada buku-buku yang berpengaruh dalam kehidupan saya. Salah satunya buku tulisan Dale Carnegie yang berjudul How to Win Friends & Influence People. Saya membaca buku tersebut sejak SMP dan saat itu mencoba mempraktekan isinya.
Namun, saya suka merasa gemas jika waktu berlalu dan saya lupa isi serta rasa dari buku-buku yang pernah saya baca. Coba kalau saya tuliskan isi dan kesan saya pada buku tersebut di blog, tentu saya bisa kembali mengingat dan mengambil hikmahnya. Ya..ya...karena alasan itulah saya bikin blog ini.
Saya berprinsip saat nge-blog saya harus menulis dengan sebaik-baiknya supaya tulisan saya bisa berguna minimal bagi diri saya. Dengan begitu, saya tidak merasa sedih jika blog saya sedikit pengunjung atau komentarnya sedikit. Namun, saya yakin jika tulisan saya bermanfaat bagi orang lain, tanpa share link pun sudah pasti tulisan kita banyak dicari orang. Tapi itu kalau tulisan kita sudah baguuss...hehe... Kalau sekarang mah ya share link-lah sebanyak-banyaknya hehe...
Tulisan ini diikutsertakan dalam #BPN30dayChallenge2018 yang diselenggarakan #bloggerperempuan

15 komentar:

  1. Aku dulu pernah punya keinginan ini. Eh ga taunya beberapa waktu kemudian aku terlanda kebiasaan buruk dalam membaca, skip halaman dan fast reader. Jsdi pas mo nulis review terkesan monoton akunya. Akhirnya bosan sendiri akunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah...wah...berarti harus diwaspadai gejala kayak gitu ya.

      Hapus
  2. Saya juga mbaak.. tapi mengingat cara mereview buku saya agak ngawur. Jadi mimpinya saya tahan.. hahhahaa... Duh, takutnya orang malah gak pingin baca review saya.. huhu.. tapi saya masih belajar terus tentang bagaimana mereview buku. Kalo udah mantap, mungkin bikin Blog baru lagi. Hahhaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneran mesti mantap dulu ya, supaya blognya ketje.

      Hapus
  3. aku juga pernah pingin bikin book review ala-ala gitu. kalau bukunya populer mayan lho, blog bisa kedetech search engine. tapi ku bingung mau nulis apa kalo book review gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bener juga ya bisa nebeng kepopuleran buku. Makasih, Mba.

      Hapus
  4. Pernah juga bikin blog khusus review buku biar bisa mengenang kesan2 yang saya rasakan setelah membaca buku tertentu tp sayangnya blognya malah nggak keurus, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha...nah itu yang mesti saya waspadai juga, Mba.

      Hapus
  5. Wah mbak hebat sekaliiii, senang me-resensi buku gitu ya. Aku masih berjuang baca buku sampai habis dgn meresapi. Boro2 nulis review buku😂 Btw mbak, boleh info2 kursus2 penulisannya? Aku pernah denger ada kursus macam gini. Makasih yaa infonya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebetulnya aku masih sebatas meresapi, Mba. Ini blognya masih baru.

      Hapus
    2. Kalo kursus penulisan tergantung nulis apa dulu. Novel, buku anak atau blog. Sekarang lagi dibuka pendaftaran nulis konten di blog oleh Mak Carolina Ratri. Kelas mulai bulan desember. Lengkapnya japri saya aja di WA ya, 087822233662.

      Hapus
  6. Masya Allah, saya dari dulu pengen banget ikit kursus kepenulisan tapi belum nemu. Boleh dunk mbak share infonya heheheh. Makacih 😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo kursus penulisan tergantung nulis apa dulu. Novel, buku anak atau blog. Sekarang lagi dibuka pendaftaran nulis konten di blog oleh Mak Carolina Ratri. Kelas mulai bulan desember. Lengkapnya japri saya aja di WA ya, 087822233662.

      Hapus
  7. Iya mba, kalo habis baca trus ditulis itu kaya keingetan terus isinya ya, aku sempat 2x nulis resensi buku dari semua buku yg dibaca tahun ini. Tapi yang namanya bukan book blogger ya jadi ga telaten ngisinya, baca bukunya aja yang rajin

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)