Jumat, 23 Juni 2017

Mudik Lebaran Asyik jika Dipersiapkan

Suasana di dalam kapal feri Merak-Bakauheni saat perjalanan mudik ke Lampung

Menjelang Idul Fitri kali ini, saya tidak pulang ke rumah mertua di Lampung. Tapi cukup ke Purwakarta saja, ke rumah orang tua. Sebabnya karena waktu liburan si sulung yang tidak lama. Habis itu langsung menghadapi ujian tingkat. Jadinya kita gak berani untuk bepergian terlalu jauh demi menjaga kondisi badan si sulung supaya tetap fit.
Meski pulangnya hanya ke Purwakarta, tetap saja banyak hal yang harus disiapkan sebelum mudik. Ini dia beberapa hal yang saya siapkan.
1.      Dana
Sebetulnya soal dana ini pasti sudah disiapkan jauh-jauh hari karena kita memang punya perencanaan dalam menghadapi lebaran. Dana ini ada yang sudah dikirim duluan ke orang tua untuk biaya masak makanan lebaran, ada yang dialokasikan untuk amplop lebaran buat anak dan keponakan, ada yang untuk biaya perjalanan, ada yang untuk uang jajan anak dan tidak lupa dana simpanan darurat. Meskipun banyak yang dibutuhkan tapi tetap kita harus melakukan perencanaan supaya dana bisa kita atur pengeluarannya.
2.      Pakaian
Hitung waktu liburan kita berbanding dengan pakaian yang akan kita bawa. Pakaian yang saya bawa diusahakan tidak yang tebal-tebal supaya kalau dicuci cepat kering. Saya juga memilih pakaian yang bisa di mix & match supaya dapat variasi lebih dengan pakaian yang lebih sedikit.
3.      Kosmetik, Parfum dan Perawatan Tubuh
Untuk menjaga kebersihan badan supaya penampilan kita tetap cerah dan kesehatan kulit terjaga, saya tidak melupakan yang satu ini. Sabun mandi, shampoo, lotion, cream, bedak dan lipstick pasti selalu saya bawa dalam pouch khusus. Tidak lupa parfum juga dong biar di perjalanan wangi dan segar selalu.
4.      Pulsa
Supaya komunikasi tetap terjaga baik untuk di perjalanan maupun silaturahmi, saya mempersiapkan pulsa dan kuota yang cukup untuk selama liburan lebaran ini.
5.      Obat-obatan dan Suplemen
Nah ini dia penting. Beberapa obat yang selalu saya bawa saat mudik lebaran adalah obat sakit kepala, obat nyeri lambung, obat luka, plester luka, salep gatal, kayu putih, dan vitamin.
6.      Air putih
Air minum sangat penting ada di kendaraan kita. Hawa panas dan paparan AC jangan sampai membuat kita dehidrasi dan kulit kering. Namun meski banyak minum, jangan sampai kita menahan kencing karena akibatnya bisa fatal. Menahan kencing bisa menimbulkan gejala penyakit anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih.
Itulah kira-kira hal-hal penting yang saya persiapkan saat akan mudik. Memang sih tiap orang memiliki kondisi berbeda-beda. Contoh waktu saya punya anak balita, itu lebih rempong lagi. Bawa mainan, bawa makanan bayi, bawa susu dan botolnya, bawa termos, bawa diapers segunung dan lain-lain. Tapi kalau sekarang, anak-anak sudah pada besar. Paling, saya mengingatkan barangkali mereka mau membawa buku, CD film atau music atau gadget. Ya…pada akhirnya sih, kita sendirilah yang paling tahu yang kita butuhkan.
Nah, bagi Teman-teman yang sedang berencana melakukan perjalanan mudik atau sekarang sudah di perjalanan, saya ucapkan semoga nyaman di perjalanan, sehat dan selamat tiba di tujuan.


2 komentar:

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)